Home » » makalah museum iptek

makalah museum iptek

Written By saiful on Selasa, 13 September 2011 | 05.05


MAKALAH

MUSEUM IPTEK 

BAB I
PENDAHULUAN

            Museum IPTEK yang bertempat di komplek TMII Jakarta merupakan suatu tempat di mana dikumpulkannya alat-alat peraga yang mengenai pembelajaran IPA. Museum IPTEK sebagai tempat rekreasi yang mana kita dapat berekreasi sambil belajar. Melalui museum IPTEK kita dapat menambah pengetahuan yang telah banyak mengetahui alat-alat yang selama ini belum pernah kita lihat di lingkungan Madrasah.

A.      LATAR BELAKANG
Masalah yang melatarbelakangi karya wisata pada hakekatnya adalah pembekalan pengetahuan tentang berbagai macam alat komunikasi kepada siswa-siswi MTs. Negeri Mranggen Kabupaten Demak. Karya studi wisata ini merupakan salah satu bagian wisata sekaligus membuktikan teori ilmu yang didapat di bangku Madrasah dengan kenyataan yang sebenarnya. Setelah itu siswa dapat menyusun laporan sebagai hasil karyha study wisata.

B.       RUANG LINGKUP
Ruang lingkup dari kegiatan karya wisata ini adalah museum IPTEK yang berada di komplek TMII di Jakarta yang menempati areal 42.300 km2 dan luas lantai bangunan 24.000 m2. Museum IPTEK terletak di komplek TMII di Jakarta dan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia pada tanggal 20 April 1991. Tujuan didirikannya museum IPTEK adalah untuk mentransformasikan IPTEK kepada generasi muda melalui cara-cara yang menyenangkan, mudah, menarik, dan mengesankan.
Di museum IPTEK terdapat beberapa alat peraga kurang lebih 250 alat peraga interaktif yang harus disentuh, dipegang dan dimainkan untuk mengenal lebih jauh tentang apa dan apa IPTEK itu. Kita membeli buku panduan yang dijual di museum IPTEK pada kunjungan  di museum dan sekaligus kita dapat mempraktekan cara kerja jenis mesin apapun yang berkaitan dengan pelajaran IPA.

C.       TUJUAN KARYA WISATA
Tujuan dilaksanakannya study wisata ini adalah:
a.         Untuk melengkapi persyaratan mengikuti Ulangan Akhir Semester Genap kelas VIII.
b.         Untuk menambah ilmu pengetahuan tentang perkembangan IPTEK di sekeliling kita.
c.         Untuk menambah keimanan kepada Allah SWT atas kekuasaannya dengan melihat alat-alat peraga dimuseum IPTEK TMII.


D.      SISTEMATIKA PENULISAN LAPORAN
Untuk lebih jelasnya untuk mendapatkan gambaran mengenai isi laporan ini,  maka kami uraikan Sistematika Wisata ini secara garis besar.
Adapun sistematika akan kami tentukan sebagai berikut:
·      Halaman judul
·      Halaman pengesahan
·      Motto dan persembahan
·      Kata pengantar
·      Daftar isi
BAB I : PENDAHULUAN
a.       Latar belakang
b.      Ruang lingkup
c.       Tujuan
d.      Sistematika laporan
BAB II : PENGKLASTERAN ALAT PERAGA
a.       Klasifikasi
b.      Alat-alat peraga
BAB III : PENUTUP
a.       Kesimpulan
b.      Saran
c.       Penutup

















BAB II
PENGKLASTERAN ALAT PERAGA DI MUSEUM IPTEK TMII

A.      Klasifikasi
Alat peraga yang digunakan untuk peragaan di museum IPTEK sangat mudah ditemukan karena wujud bagiannya yang khas dan memberikan kesan yang berbeda dengan bangunan di sekitarnya. Museum IPTEK yang berada di komplek TMII Jakarta yang menempati area 42.300 Km2.
B.       Alat-alat Peraga
1.      Tekanan Uap
Ketika udara di dalam salah satu bejana yang dipanaskan, tekanan udara di dalam bejana ini akan meningkat sehingga permukaan cairan pada bejana ini lebih rendah dari permukaan cairan pada bejana yang lain.
2.      Tekanan Berat
Titik berat ada pada titik tumpu (bagian tangan anda) bila titik lampu ditampung, maka benda-benda pada posisi seimbang sehingga tidak jatuh.
3.      Tabung Hampa
Semua benda baik ringan maupun berat apapun bentuknya maupun ukurannya akan jatuh dengan kecepatan yang sama dengan ruang hampa.
4.      Roda yang tidak bulat
Roda-roda tersebut tidak bulat tetapi memiliki sisi-sisi dan ketinggian yang sama, sehingga roda itu dapat berputar.
5.      Bola Bergantung
Bola melayang dan meja bernauli bekerja berdasarkan hukum bernauli.
6.      Bola Melayang
Tekanan udara akan berkurang bila kecepatan bertambah tekan udara dalam cairan udara lebih rendah dari pada udara luar sehingga bola melayang.
7.      Roda Gigi
Kecepatan rotasi sepasang roda gigi bergantung pada jumlah gigi masing-masing roda, makin banyak jumlah gigi pada roda penggerak makin berkurang rotasinya.
8.      Giroskop
Menunjukkan adanya gaya putar lain pada benda berputaran yang disebut efek giroskop.
9.      Katrol
Bergerak karena lebih ringan dari pada katrol tetap.
10.  Rocket
Adalah pesawat terbang atau peluru kendali yang didorong oleh air.
11.  Gaya adgesif dan kohesif
Gaya yang dimiliki air sabun dapat membentuk selaput tipis, apabila selaput tipis sabun dilalui cahaya akan Nampak efek depresi cahaya.
12.  AC dan DC
Listrik atau bolak-balik adalah listrik yang besar tegangannya dan arah arusnya berubah secara teratur. Arus listrik searah adalah listrik dengan tegangan dan arah arusnya tetap.
13.  Tokoh-tokoh IPTEK
a.       Plato
Dia adalah terkenal sebagai penemu ahli filsafat
b.      Abdul Salam
c.       Nicolas Copernicus
d.      Albert Einstein
e.       Will Helm Ostwald
f.       Sir Isaat Newton
Dia merupakan penemu hukum Newton.
g.      Gottfried Wilhelm Leibniez
Dia merupakan pencipta lubang-lubang matematis terbesar.
14.  Getaran
Gesekan yang menghasilkan getaran dengan frekuansi tetap yang mengakibatkan butiran membentuk pada yang sama permukaan plat getar.
15.  Seri dan Parallel
Besar tegangan hambatan arus listrik pada suatu rangkaian dipengaruhi oleh genolon komponen rangkaian arus listrik yang ada.
16.  Mekanisme pernafasan
Mekanisme masuk dan keluarnya udara dank e paru-paru karena besarnya atau kecilnya rongga udara.
17.  Tabung dan Gosip
Kolom pipa  memungkinkan gelombang suara tidak banyak kehilangan energy sehingga gelombang masih dapat didengar pada ujung pipa lainnya.
18.  Balok dan Silinder
Ketika bergerak lurus (translasi) balok mengalami gaya gerak yang lebih besar karena permukaan sentuhnya dengan bidang labih luas.
19.  Gaya hambat
·         Gaya hambat suatu gaya berlawanan gerakan aliran fluida (cair udara).
·         Penyebabnya adalah geseknya atau gaya gesekan pada yang lain.
·         Hambatan pada hampa udara adalah besar.
·         Gaya hambat airo dinamika dibentuk sangat berarti.
·         Bentuk lebih penting dari pada ukuran.
20.  Generator Van De Graff
Menurut fisika muatan listrik yang sejenis akan saling tolak menolak gemitor akan membuat bola logam menjadi bermuatan listrik ketika memegang bola tubuh kita menjadi bermuatan listrik.
21.  Boneka Listrik
Golongan kawat pada boneka berputar di antara magnet tetap dan membangkitkan arus listrik. Adanya arus listrik ini dapat melihat pada golvana meter.































BAB III
PENUTUP


A.      Kesimpulan
Tujuan dari karya wisata ini adalah untuk menambah ilmu pengetahuan, sebagai sarana pendidikan, sebagai sarana rekreasi dan sebagai sarana pendapat daerah setempat dan sebagai pengalaman yang terindah karena menuntut ilmu.

B.       Saran
1.      Kita harus bersyukur kepada Allah SWT karena dengan rahmatNya kita memperoleh nikmat yang sangat luar biasa.
2.      Kita harus meningkatkan belajar dalam bentuk apapun baik di luar maupun di dalam sekolah.
3.      Kita harus mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur.
4.      Kita harus mengisi kemerdekaan ini dengan cara giat belajar untuk mencapai cita-cita yang kita harapkan.

C.       Penutup
Alhamdulillah dengan taufiq, hidayah dan inayahNya, penyusun dapat menyelesaikan laporan karya wisata ini yang dilaksanakan di Museum IPTEK yang terletak di komplek TMII Jakarta. Walaupun laporan hasil karya wisata ini telah kami susun dengan semaksimal namun penyusun menyadari bahwa banyak kekurangan. Oleh karena itu penyusun mengharapkan saran dan kritiknya yang bersifat konstruktif guna perbaikan laporan karya wisata ini dengan baik.
Semoga kita diberi kekuatan lahir dan batin untuk mencari nilai moral bangsa Indonesia. Atas saran dan kritik penulis mengucapkan banyak terima kasih.

v  PESAN
Semoga teman-temanku yang ada di MTs. Negeri Mranggen Kabupaten Demak bisa belajar yang baik dan tingkatkanlah prestasimu. Karena hidup pendidikan kita dapat menentukan masa depan yang cerah, karena sekolah dapat menjadikan kita sebagai orang yang pintar yang berguna bagi nusa, bangsa, dan keluarga.
v  KESAN
Kami dari tim penyusun laporan ini mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak dan Ibu guru yang suddah membimbing dan mengarahkan dengan penuh kasih sayang sehingga kami dapat melaksanakan Karya Wisata dan sekaligus membuat laporan ini. Dan karena Bapak/Ibu guru juga yang dapat menjadikan kami menjadi pintar dan orang yang berguna.
Kami sangat senang karena bisa mempraktekan langsung pelajaran IPA yang didapat di Madrasah di Museum IPTEK yang sudah disediakan walaupun tidak ada di Madrasah dan hanya di situlah kita dapat menimba ilmu dengan dan mempraktekkan langsung terutama yang berkaitan dengan pelajaran IPA. Kami sangat senang belajar sambil bermain di museum IPTEK di kelompok TMII Jakarta.

0 komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.